Think Before Post & Think Before Share



Penulis                 : Alvian Maulana Dimastoro
Basis                    : SMKN 13 Bandung
Ambalan              : Lavoisier
No. Gudep           : 25049
Ranting                : Buahbatu

Hallo kakak-kakak sekalian, selamat malam!
Di malam yang cukup ramai ini (kalau lagi di pasar malam) atau di malam yang sunyi ini (kalau lagi ngegalau di kamar) kita akan membahas tentang #ThinkBeforePost dan #ThinkBeforeShare
Pasti penasaran? Apa sih itu?

Kita bahas bareng – bareng yaa..

Dalam bahasa Indonesia berarti “Berpikir sebelum memposkan”. Kenapa sih kak harus dipikirkan dahulu sebelum mempost sesuatu? Karena apa yang akan kita tulis dan yang akan kita post nanti itu adalah tanggung jawab kita. Bila itu hal yang positif itu sangat bagus, tetapi bila yang dipostkan adalah hal-hal yang negatif maka orang yang menulis post tersebut harus bertanggung jawab apabila terdapat komentar-komentar dari public. Bisa saja jika banyak orang yang tidak menyukainya, orang yang mempost hal negatif tersebut dituntut dan dibawa ke pengadilan. Wah..wah..wah.. jadi panjang ya kak masalahnya? Iyap!
Tips and Trick
Sebetulnya kita tidak perlu mempost hal-hal yang tidak penting untuk kita sendiri, jika ingin curhat, ngegalauin si dia, pusing mikirin tugas, kakak-kakak bisa mengungkapkan semua hal itu pada teman dekat, sahabat atau bahkan orangtua. Jadi jangan sungkan jika kakak-kakak ingin mengekspresikan segala kerisauan yang kakak alami saat ini. Adapun teman penulis nih kak yang kalau dia lagi galau suka ngegambar yang ga jelas, tapi hasil gambaran dia itu keren-keren. Ada juga yang mengapresiasikan kegalauannya lewat sebuah lagu yang diciptakannya. Ternyata banyak juga ya hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengekspresikan kegalauan, kemarahan ataupun yang lain dengan tidak mempost hal-hal yang tidak mendasar (dalam kamus bahasa gaul anak muda biasa disebut “GJ” alias Ga Jelas). 

Yang kedua kita akan membahas tentang #ThinkBeforeShare
Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia kata Think Before Share sendiri dapat berarti “Berpikir sebelum membagikannya”. Kak, kenapa kita harus berpikir dahulu sebelum kita men-share sebuah post atau kiriman dari fanspage atau yang lainnya? Yup, pertanyaan yang bagus kak!
Begini, sebuah postingan atau kiriman yang dapat berupa text quote atau image quote yang diposting oleh sebuah admin pasti mempunyai penyebabnya kenapa seorang admin tersebut memposting hal seperti itu.Kita ambil salah satu contoh, jika fanspage tersebut bertema tentang “Perasaan Hati pastinya semua hal yang akan diposting oleh fanspage tersebut berisikan tentang semua hal yang berkaitan dengan perasaan hati. Galau? Jatuh cinta? Dilema? Dan semua hal lainnya yang berhubungan dengan perasaan hati seorang manusia pasti dimuat dalam fanspage tersebut. Kata-kata yang dipost dalam kiriman tersebut biasanya terlalu melebih-lebihkan. Contoh :
“Kamu mau sampe kapan ga peka? Aku rela nungguin kepekaan kamu selamanya, asalkan cintaku ini tersampaikan”
Bagaimana? Apakah itu dapat menimbulkan efek negatif? Bisa..
Kata-kata tersebut dapat mencuci otak seseorang yang yang berpikiran pendek. Seorang tersebut bisa saja rela sampai ajal menjemput menunggu kepekaan kekasihnya. Tak terpikirkan ya kak? Kan jadinya kasian ke seorang yang sedang menunggu kekasihnya itu, hehe.
Tips and Trick
Banyak juga kak fanspage yang selalu memposting hal-hal yang positif. Kakak-kakak bisa memilah postingan mana yang dapat membuat kakak-kakak atau followers kakak-kakak menjadi termotivasi. Cermati apakah jika kakak-kakak men-share postingan tersebut dapat membawa efek positif atau efek negatif bagi kakak sendiri.

Bagaimana kak untuk pembahasan kali ini? Jika kakak ingin memberitahu teman-teman, saudara, atau keluarga kakak tentang kesadaran berpikir sebelum mempost dan men-share, kakak bisa membuat sebuah postingan yang positif dan disertai :
“#ThinkBeforePost #ThinkBeforeShare”
Memanglah hal sepele tapi patut kita waspadai ya. Sesuai dengan Dasa Dharma ke sembilan “Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya” jika kakak ingin mempost atau men-share sebuah postingan jangan lupa diingat Dasa Dharma ke sembilannya ya kak!
Terima kasih sudah membaca! Tunggu bahasan hal menarik lainnya

Label: